Catatan 11 Februari 2019

Sebagai dosen pendidikan matematika di IAIMNU Metro yang sekaligus menjabat sebagai ketua prodi pendidikan matematika rutinitas mengerjakan tugas sebagai dosen maupun ketua prodi dilakukan di kampus dari pukul 08.00. Awal kegaitan hari ini yaitu membaca proposal mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsinya. Perlu dukungan dan dorongan kepada mahasiswa semester akhir tentang targetan penyelesaian skripsi. Satu mahasiswa telah menyelesaikan skripsinya untuk segera disidangkan munaqosah sedangkan mahasiswa yang lain dari angkatan berbeda menghadap untuk bimbingan menuju seminar proposal. Yang lainnya lagi bimbingan tentang uji statistik yang digunakan untuk mengolah data penelitian. Maklum mahasiswa yang satu ini telah menyelesaikan risetnya dan memasuki tahapan pengolahan data penelitian. Dari bimbingan hari paling tidak terdapat pembelajaran yang sangat berharga bahwa sebuah motivasi sangat penting disaat sudah tidak ada jadwal perkuliahan di kelas. Setiap tahapan penyelesaiannya akan menemui kesulitannya masing-masing. Yang masih pada tahapan proposal mengalami kesulitan dalam penyusunan dan penggunaaan metodologi serta penyajian latar belakang. Sedangkan yang lainnya, yang telah melalui proses riset mengalami kesulitan dalam perhitungan dan penyajian data peneltian. Sisi yang lainnya yang tinggal penyelesaian skripsi bingung ketika membuat abstark laporan. Intinya selain penyelesaian skripsi yang paling penting adalah pembelajaran didalamnya. Ingat kata bijak pagi tadi yang saya baca di kolom facebook bahwa jika target hanya menyelesaikan skripsi kuncinya tinggal dekati pembimbingnya, namun jika targetannya adalah kualitas tulisan maka tetap semangat untuk selalu melakukan perbaikan dan tahan dengan segala kritikan.

Waktu telah menunjukan pukul 09.46 pekerjaan beralih dari membimbing mahasiswa yaitu melanjutkan publikasi kegaitan di web. Saya memiliki website pribadi yaitu ekamatiika.web.id. melalui web ini saya berusaha belajar konsisten untuk selalu menggiatkan menulis dengan kesibukan yang ada. saya membuka file-file resume hasil keikutsertaan dalam seminar maupun kuliah umum. Hari ini saya menerbitkan tiga tulisan yaitu hasil mengikuti kuliah umum dengan prof. Sirozi, worshop penulisan artikel ilmiah dengan narasumber Dr. Ngainun Naim dan pelatihan pengelolaan jurnal dengan anrasumber prof. Istadi. Beliau beliau adalah narasumber yang handal. Dalam setiap materinya memberikan amunisi kepada saya untuk selalu belajar dan belajar. Bahwa ilmu tersedia sangat terbuka tinggal bagaimna kita mau serius mempelajarinya. Sembari memilah tulisan di laptop saya juga mengunjungi facebook Dr. Ngainun Naim. Beliau adalah salah satu motivator dalam menulis dengan salah satu kiat yang sangat saya ingat yaitu tuliskan apapun yang anda kerjakan satu hari ini dan jangan lupa untuk menyempatkan membaca. Tulisan-tulisan yang beliau buat dalam halaman facebooknya sederhana namun enak untuk dibaca dan banyak yang termotivasi dari tulisan-tulisan Dr. NGainun Naim ini.

Waktu menunjukan pukul 13.00 penulis beralih ke pekerjaan yang lainnya yaitu menyelesaikan tugas pada kegiatan Kursus Mahir Dasar yang diselenggarakan oleh IAIMNU Metro tempo lalu. Penyelesaian pembagian sertifikat KMD dasar ini lumayan menyita waktu karena memilah milah sertifikat tiap prodinya dan mengecek nama nama yang lulus atau tidak dalam kegaitan KMD. Yang lumayan lagi adalah seritifikat dari program studi PAI dengan jumlah mahasiswa terbanyak yaitu 169 peserta, perlu waktu ekstra dan ketelitian untuk mengeceknya.

Selanjutnya diakhir jam kerja ini menunjukan pukul 15.30 penulis melakukan pengawasan kepada mahasiwa peserta KKS. Penulis kali ini bertanggung jawab menjadi dosen lapangan mahasiswa KKS desa sulusuban. Salah satu tuga DPL yaitu memberikan pengarahan kepada mahsiswa terkait kegaitan yang dilakukan di desa. Sekalipun penulis tidak dapat hadir ditengah tengah mereka namun dengan kehadiran teknologi komunikasi menjadikan tiada sekat antara dosen dan nahasiswa yang sedang melaksankan kegaitan KKS di desa Sulusuban. Kali ini saya melakukan koordinasi terkait pembuatan program kerja selama KKS. Mahasiswa sangat kreatif membuat deksrtipsi detail terkaita kegiatan yang akan dilakukan di sana namun perlu pengarahan untuk membuat program yang ditampilkan timeline nya sehingga mudah untuk dibaca. Pengarahan kepada mahasiswa untuk selalu memberikan laporan cerita dari setiap kegatan yang telah dilakukan merupakan salah satu bentuk kontroling dalam kegiatan KKS. Melihat tulisan-tulisan yang dilaporkan bisa menarik sudut pipi saya untuk senyum-senyum sendiri. Kuncinya tetap menulis dan selalu menulis karena kualitas tulisan meningkat seiiring dengan banyaknya untuk menulis. Waktu menunjukan pukul 5.02 tiba waktunya saya untuk pulang dan melanjutkan rutinitas lainnya di rumah sebagai ibu rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *