Diskusi Dosen Mahasiswa Bagian 1. Etnomatematika

Upaya menghidupkan suasana kampus program studi pendidikan matematika, mahasiswa pendidikan matematika IAIM NU Metro menyelenggarakan kegiatan diskusi dosen mahasiswa. Diskusi awal diisi dengan tema Etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Kegiatan diskusi ini dilaksanakan rutin tiap bulan.  Ethnomathematics diciptakan oleh Ubiratan D’Ambrosio untuk mengenali dua bidang matematika yaitu matematika sekolah dan praktik matematika dari kelompok budaya tertentu. Penelitiannya tentang konsep kurikulum dengan mengintegrasikan ethnomathematics yang disebut program Ethnomathematics. Menurut Gutiérrez dan Irving manfaat yang sangat besar dalam mengintegrasikan etnomathematics dalam kurikulum adalah membantu siswa menghubungkan budaya mereka dengan matematika. [1] Dengan adanya inovasi pembelajaran yang mengaitkan matematika dengan budaya tentunya perlu diaplikasikan dalam dunia pendidikan. Kurikulum yang digunakan perlu menerapkan matematika yang memiliki konteks atau hubungan dengan kehidupan sehari-hari [2]. Pembelajaran di kelas perlu menggunakan pendekatan yang mendorong praktik pendidikan yang lebih bebas di kelas dengan menggunakan etnomatematika. Etnomatematika membantu siswa mengenal budaya sehingga siswa dapat mengenal matematika lebih aplikatif dan dapat berhasil menguasai matematika secara akademis

[1] GERMAIN-MCCARTHY, MATHEMATICS AND MULTI-ETHNIC STUDENTS Exemplary Practices.

[2] Rosa dan Clark Orey, “Ethnomathematics.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *